Sabtu, 20 Oktober 2012

Temulawak

“Beragam khasiat temulawak”, dengan mendengar kalimat ini tentunya kita sudah tahu bahwa temulawak mempunyai banyak sekali khasiat (multi khasiat). Khasiat temulawak memang banyak sekali mulai dari meringankan penyakit berat seperti lever hingga sebagai minuman untuk menambah stamina tubuh.
Hampir semua orang pernah mendengar nama temulawak. Orang-orang dahulu sering menggunakan tanaman ini sebagai bumbu dalam masakan atau juga menggunakannya untuk menambah nafsu makan. Kita pernah mendengar istilah curcuma bukan ? Kita mengenalnya sebagai suplemen penambah nafsu makan. Curcuma ini merupakan nama latin dari temulawak, yakni Curcuma xanthorrhiza.
Temulawak merupakan salah satu dari herbal Indonesia yang sudah masuk ke dalam golongan fitofarmaka. Artinya khasiat temulawak sudah bisa dipertanggungjawabkan. Herbal ini sudah diuji secara klinis dan terjamin keamanannya. Sedangkan dalam dunia fitotherapi temulawak digolongkan sebagai adaptogen, yakni bahan yang tidak berbahaya dan dapat meningkatkan daya tahan untuk melawan racun bagi tubuh. Senyawa aktif yang terkandung dalam temulawak antara lain : kurkumin, xanthorrizhol, germakron.
Khasiat temulawak tak hanya untuk menambah nafsu makan saja. Di antara khasiat temulawak adalah sebagai :


Antikolesterol dan antistroke
Antikolesterol merupakan salah satu dari khasiat temulawak. Hasil penelitian Prof Dr Suwijiyo Pramono Apt dari Fakultas Farmasi UGM menyimpulkan bahwa temulawak ampuh mengatasi kolesterol. Uji klinis dilakukan dengan melibatkan 80 pasien kolesterol tinggi, kemudian diberikan 2 kapsul ekstrak temulawak 2 kali sehari selama 4 minggu. Hasilnya kadar kolesterol jahat turun hingga 25,98 %.
Orang yang terkena kolesterol akan beresiko untuk terkena penyakit stroke ataupun jantung. Menurut riset dari WHO disebutkan bahwa 52% penderita kolesterol di atas usia 40 tahun akan beresiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke. Dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin maka kolesterol akan teratasi dan tentu saja resiko untuk terkena stroke juga akan berkurang.
 
Antibakteri, antimikroba dan antiplak
Xanthorrhizol yang terkandung pada rimpang temulawak sangat bagus sebagai antimikroba dan antibakteri. Cara kerjanya adalah dengan memicu denaturasi protein sel bakteri, yang akan berakibat keluarnya protein dari sel, sehingga sel akan mengkerut dan mati. Temulawak dapat digunakan sebagai benteng pertahanan terhadap gigi. Bakteri-bakteri seperti streptococcus, actinomyces viscocus dan porphyromonas gingivalis dapat dibunuh dengan ekstrak temulawak. Dengan sebab inilah kini temlawak mulai dilirik oleh industri pasta gigi di Korea Selatan.
Selain bakteri tersebut, temulawak juga mampu membunuh bakteri propionibacterium acnes, yakni bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Antijamur
Xanthorrhizol efektif melawan berbagai jamur penyebab penyakit seperti aspergillus flavus, aspergillus fumigatus, beberapa spesies candida dan lainnya. Cara kerjanya adalah dengan menghambat pembentukan konidial.

Hepatoprotektor
Kapsul Ekstrak Temulawak
Temulawak dapat digunakan sebagai hepatoprotektor yakni sebagai pelindung hati. Pemberian kapsul temulawak pada penderita hepatitis kronis dapat menurunkan nilai SGPT (serum glutamic pyruvic transaminase) dan SGOT (serum glutamic oxaloacetic transaminase) sampai mendekati nilai normal. Penderita sirosis hati juga dianjurkan untuk rutin meminum temulawak.
 
Penghambat Osteoarthritis
Osteoarthtritis merupakan penipisan sendi dikarenakan turunnya kadar glukosamin dan kandroitin dalam tulang rawan. Hal ini akan menyebabkan terjadinya radang sendi. Penyakit ini biasanya menyerang para lanjut usia. Temulawak dapat mencegah radang sendi karena memiliki efek antiinflamasi.
Khasiat temulawak sebanding dengan obat-obatan nonsteroid seperti piroxicam (obat anti inflamasi untuk menghilangkan rasa nyeri). Pemakaian obat nonsteroid jangka panjang akan berefek negatif pada ginjal, liver dan saluran pencernaan. Dalam hal ini, temulawak memiliki keunggulan karena tidak memiliki efek toksik, harganya murah dan mudah juga untuk mendapatkannya.

http://lamalifherbal.com/beragam-khasiat-temulawak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar